Penerapan model PJBL tembang dolanan anak untuk peningkatan kecintaan budaya nasional di SDN Keputran A Yogyakarta

Authors

  • Agung Tri Susilo Raharjo Program Magister Dikdas, Pascadik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Moh. Rusnoto Susanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Hesti Ratnasari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Mela Dina Arumsari Universitas Negeri Yogyakarta, Daerah istimewa Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51169/adikarsa.v16i1.121

Keywords:

project based learning, tembang dolanan anak, love of national culture, elementary school SBdP learning

Abstract

The application of cultural arts learning in elementary schools. Educators or teachers certainly have learning models that are in accordance with the material to be delivered . This learning model is very important because with the right learning model it will trigger students to be active and creative. The aplication of childrens song through the Project Based learning (PJBL) learning model that guides student to increase creativity in learning . The purpose of this study  was to determine the understanding of studentin learning cultural arts with the media of Javanese children”s songs in elementary school. This research uses a qualitative descriptive  method by describing the results of the analysis of research findings . Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The result of the study show that the Project Based Learning model is very appropriate to be applied to increase the of students in SBdP learning through Javanese childrens songs or songs of Javanese childrens songs. It is evident from 28 students that there are 2 students who have not developed, 10 students are developed as expected, 3 students are developing very welll. The conclusion is that the innovation of learning Javanese childrens songs or through the Project Based Learning (PJBL) model thourgh media is very influential on improving SBdP learning in class IV elementary schools.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Agung Tri Susilo Raharjo, Program Magister Dikdas, Pascadik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

    Menempuh pendidikan S1 di Institut Seni Indonesia Jurusan Seni tari lulus tahun 1997. S1 PGSD di Universitas Terbuka UNY lulus tahun 2019.             

  • Moh. Rusnoto Susanto , Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Daerah Istimewa Yogyakarta

    Studi: (S2) Prodi Pendidikan Seni Rupa & Kerajinan IKIP Jakarta, (S2) Program Magister Penciptaan Seni Murni (Seni Lukis) Pascasarjana ISI Yogyakarta, (S3) Program Doktor Penciptaan Seni Murni (Seni Lukis) Pascasarjana ISI Yogyakarta, dan Memperoleh sertifikasi program profesi dari Microsoft sebagai educator (MCE) tahun 2023. Dosen Pendidikan Seni Rupa UST Yogyakarta, Fokus riset: Seni Lukis, Industri Kreatif, Seni Murni, E-Commerce, dan Up-Cycle Produk. Menghasilkan Artikel dalam kurun waktu 5 tahun: 18 artikel publish pada jurnal internasional bereputasi (SCOPUS Index), H- Index Scopus: 2 dan Sinta Indext Overall: 643 dengan H-Index: 6, mengahsilakan 144 artikel ilmiah pada berbagai jurnal nasional (baik jurnal terakreditasi SINTA maupun berISSN) dan menghasilkan 5 buku referensi. Selain sebagai dosen dan peneliti, penulis juga menjalani profesi sebagai pelukis, praktisi seni, dan curator pada L-Project Singapore dan Linda Gallery Beijing.

  • Mela Dina Arumsari, Universitas Negeri Yogyakarta, Daerah istimewa Yogyakarta

    Mengenyam pendidikan vokasional di SMK N 3 Kasihan (SMSR Yogyakarta) 2006-2008, Melanjutkan studi starta 1 pada Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Yogyakarta 2008-2013, Kenmudian melanjutkan Pendidikan Profesi Guru DalamJabatan (PPG Daljab) Tahun 2022 di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), dan swejak 2023 hingga saat ini tengah menempuh studi lanjut pada Program pendidikan seni Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

    Sebagai mahasiswa pascasarjana prodi Pendidikan Seni Universitas Negeri Yogyakarta yang tertarik pada bidang mengajar, fotografi dan menulis. Berkarir dalam bidang pendidikan sebagai Guru SMK mata pelajaran keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) (Fotografi, Gambar, dasar-dasar seni rupa, Desain publikasi dan komputer grafis. Etos kerja, disiplin, jujur, dan bertanggung jawab selalu saya utamakan dalam menyelesaikan setiap pekerjaan. Terampil dalam pengoperasian Microsoft Office (word, exel, powerpoint), corel draw, photoshop dan Canva, serta memiliki kemampuan komunikasi secara verbal dan tertulis yang baik. Pengalaman kerja selain sebagai pendidik juga bekerja Freelance Designer; Desain Cover Buku dan media publikasi (Video, Poster, brosur, leaflet dll) sejak 2008– Sekarang. Guru Mata Pelajaran Bidang Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) sejak 2014-Sekarang: Mengajarkan materi mata pelajaran Bidang Keahlain DKV untuk tingkat SMK, Menjadi wali kelas untuk kelas X DKV, Menjadi wali kelas untuk kelas XI DKV, Menjadi wali kelas untuk kelas XII DKV, Menjadi Kepala Laboratorium DKV, dan Menjadi Kepala Program Keahlian DKV. Telah berkolaborasi menghasilkan artikel ilmiah yang di terbitkan pada Jurnal Ide Guru dan International Journal of Engagement and Empowerement (IJEE): Analysis of The Adiwiyata School Program on The Development of Clean Life Character Students in SDN Giwangan Yogyakarta (JEE, Vol. 4 No. 1-2024) https://ije2.esc- id.org/index.php/home/article/view/150, Redesigning Innovative Products of Up-Cycle- Based Mindi Wood Waste Fashion Bags in Krebet, Bantul-Yogyakarta (JEE, Vol. 4 No. 1- 2024) https://ije2.esc-id.org/index.php/home/article/view/141, Exploration of Creativity Through Empowerment Activities Tie Dye Making Using a  Cooperative Learning Approach for Elementary Students (IJEE, Vol. 3 No. 3-2023) https://ije2.esc- id.org/index.php/home/article/view/130.

    Penerapan Think Pair Share Terintegrasi TRI NGA (Ngerti, Ngrasa, Nglakoni) melalui Pembelajaran Seni Tari Kelas 1 SDN Kecis (Ide Guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol. 9, No.1 2024) https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/793, Inovasi Pembelajaran Model Project Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Menggambar Komik Edukatif (Ide Guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol. 9, No. 2 2024) https://jurnal- dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/796

Downloads

Published

19-03-2025

How to Cite

Raharjo, A. T. S., Susanto , M. R., Ratnasari, H., & Arumsari, M. D. (2025). Penerapan model PJBL tembang dolanan anak untuk peningkatan kecintaan budaya nasional di SDN Keputran A Yogyakarta. Adi Karsa : Jurnal Teknologi Komunikasi Pendidikan, 16(1), 38-46. https://doi.org/10.51169/adikarsa.v16i1.121

Similar Articles

1-10 of 112

You may also start an advanced similarity search for this article.